Skip to main content

Siapa Penemu Komputer Pertama

loading...

Siapa Penemu Komputer Pertama Kali?

Apakah kamu tahu siapa penemu komputer pertama kali? Komputer yang sekarang kita gunakan ini tidak serta merta menjadi sebuah komputer yang canggih. Namun sebenarnya komputer sudah mengalami berbagai perkembangan dan mungkin kamu tidak pernah berpikir siapa orang yang berjasa menemukan komputer tersebut. Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai beberapa orang yang telah mengukirkan namanya sebagai ‘Bapak Penemu Komputer’ yang manfaatnya bisa kita rasakan hingga sekarang.


  1. Charles Babbage
Orang pertama yang telah berjasa menemukan komputer adalah Charles Babbage. Beliau lahir pada tanggal 26 Desember 1792 di London. Ayahnya bernama Benjamin Babbage yang bekerja sebagai Banker. Ia dianugerahi dengan kemampuan matematika yang jauh di atas rata-rata selama menuntut ilmu di Trinity College yang ada di Cambridge. Ia menjadi penggagas untuk sebuah komputer yang bisa diprogram.
 Charles pertama kali menciptakan sebuah kalkulator otomatis dan kemudian semakin mengembangkan mesin tersebut di tahun 1832. Ia berpendapat bahwa mesin tersebut bukan hanya bisa menyelesaikan satu perintah atau pekerjaan, melainkan juga mampu menjalankan berbagai macam perintah aritmatika. Hal ini membuat mesinnya berganti nama Analytical Engine.
 2.  Alan Turing
Penemu komputer yang kedua adalah Alan Turing yang berperan penting terhadap perkembangan komputer berbasis digital. Ia lahir di Maide Vale, salah satu daerah di London pada tanggal 13 Juni 1912. Alan merupakan seorang anak pegawai kereta api dan pegawai negeri sipil.
Semenjak ia masuk di St. Michael, Alan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa ia merupakan seseorang yang jenius. Ketika tahun 1926, Alan Turing melanjutkan studinya di Sherbon School dan kemudian ke Cambridge University dengan mengambil jurusan Matematika pada tahun 1931. Salah satu ide yang dikembangkan adalah Turing Mechine. Ia berpendapat bahwa sebuah mesin harus mampu menjalankan berbagai perintah secara sederhana.
Inilah yang menjadi asal mualan dari hadirnya komputer di era modern. Ketika tejadi Perang Dunia II, Alan Turing diminta untuk memecahkan berbagai informasi yang berasal dari Engine buatan Nazi dan pada akhirnya ia memecahkan kode enkripsi tersebut yang memiliki nama ‘The Bombe’ di tahun 1939.
 3.  Howard Aiken
Selama masa kuliah, Howard Aiken membuat sebuah thesis yang berkaitan dengan fisika. Hal yang dipikirkannya adalah sebuah konstruksi mesin ketika melakukan perhitungan. Dengan bantuan kampusnya, Howard pada akhirnya mampu meminta IBM untuk mendanai projeknya tersebut. Ia menemukan sebuah permasalahan yang bisa diatasi dengan menggunakan numerik.
 Ditambah Howard Aiken juga mendapatkan informasi mengenai penemuan dari Charless Babbage. Tahun 1970, Howard mendapatkan gelar sebagai seseorang yang telah menjadi pionir di dalam pengembangan komputer berbasis digital.
 4.  John von Neumann
Jika bertanya siapa yang menemukan virus komputer? Maka jawabannya adalah John vos Neumann. John lahir tanggal 30 Desember 1903 di Budapest. Ia merupakan seseorang yang terkenal karena memberikan kontribusi di bidang fisika quantum, ilmu komputer, teori perhimpunan, dan masih banyak yang lainnya.
 Beliau juga telah berjasa atas kontribusinya dalam teori ekonomi setelah perang. Dimana buku yang diterbitkan adalah ‘Theory of Games and Economic Behavior’ pada tahun 1944.
 5.  Leonard Kleinrock
Beliau merupakan orang yang lahir pada 13 Juni 1934 di Amerika Serikat. Leonard telah memberikan kontribusinya dalam bidang jaringan dimana teori yang terkenal yakni teori pertukaran paket data pada tahun 1959 dan juga teori pertukaran paket teknologi di tahun 1961.
Beliau juga menciptakan maha karya terbesar yaitu internet dimana ia bisa berhasil memecahkan berbagai kode digital dan juga telah menjadikannya sebagai paket-paket terpisah. Leonard Kleinrock juga merupakan pelopor dari terciptanya ARPANET dan menjadi jaringan komunikasi digital.
Demikian informasi seputar beberapa orang yang berjasa sebagai penemu komputer pertama kali. Beberapa nama lainnya yang juga berjasa seperti Konrad Zuse dan Douglas Engelbert.
Tag : Komputer

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Generasi Komputer

Pahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa Bagikan : Tweet Komputer yang kita gunakan sekarang telah mengalami berbagai perubahan yang mana perubahan tersebut memang akan selalu lebih baik. Ketika pertama kali diperkenalkan, komputer memiliki banyak sekali kekurangan sehingga seiring berjalannya waktu kekurangan tersebut terus dikurangi dan kelebihannya terus disempurnakan. Perlu kamu pahami bahwa generasi komputer bisa dibagi ke dalam 5 jenis yang akan kami jelaskan berikut ini. 1.     Komputer Generasi I Komputer generasi I mulai diperkenalkan pada 1940 sampai 1956 yang terkenal karena menggunakan vacuum tube. Komputer generasi I ini terkenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Setidaknya ukuran dari komputer generasi I ini sekurang-kurangnya setengah lapangan bola. Komputer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengoperasikannya. Dikarenakan membutuhkan daya listrik yang besar, mengakibatkan komputer ini mudah panas sehingga

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini. Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik. Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai? Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai? Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak. Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebu

TIPS SEO 2019 YANG MUNGKIN SAJA PERLU KAMU BACA

Tip SEO 2019 tidak jauh – jauh dari sebelumnya, kalau kita simpulkan sebenarnya semua pembahsan tentang SEO tertuju pada kepuasan pembaca atau sering kita sebut User Experience. Namun apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, ada beberapa point lainnya yang akan kita coba bicarakan di sini. Selamat menyimak. Seperti biasa, sebelum saya menulis panjang lebar tentang tips SEO 2019, di sini saya bukanlah seorang pakar SEO, jadi apa yang nantinya saya tuliskan bisa jadi berasal dari pemikiran saya. Dan saya hanya berharap tulisan ini dapat memberikan wacana baru temen – temen yang masih setia bermain SEO. Sebagaimana sudah kita ketahui semua, SEO adalah Search Engine Optimization, yaitu upaya yang kita lakukan di dalam website dan juga diluar website yang bertujuan untuk menaikan posisi SERP pada kata kunci tertentu. Di ini tidak akan kita bahas panjang lebar tentang pengertian SEO. Silahkan baca lagi tulisan tentang SEO di blog ini. TIPS SEO 2019 Tahun demi tahun, Google semakin pintar dengan