Skip to main content

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis

loading...
Bagi Anda yang bekerja di sektor desain grafis maka pemilihan spesifikasi komputer desain grafis yang tepat merupakan suatu jaminan dalam memberikan kemudahan serta kelancaran dalam bekerja.

Menggeluti dunia desain yang profesional tentu sebuah keharusan untuk memiliki pemahaman spesifikasi PC yang digunakan khusus untuk melakukan desain grafis, meskipun pada umumnya Anda tetap bisa menggunakan PC standar namun terkadang spesifikasi yang dibutuhkan berbeda dengan PC pada umumnya.

Performa perangkat PC yang mumpuni serta tahan segala medan saat digunakan tentu harus dimiliki. Sehingga sebaiknya Anda jangan menggunakan PC yang berstandar rendah dan tidak tahan lama sehingga mengakibatkan harus melakukan perawatan berulang kali dengan kondisi kerja yang tidak kondusif.

Untuk itu ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli PC untuk keperluan desain grafis. Berikut ini, kami paparkan beberapa tips dalam memilih spesifikasi PC yang dapat Anda coba.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis


Menentukan Anggaran atau Budget

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memilih spesifikasi PC untuk desain grafis adalah menentukan budgetnya terlebih dahulu. Dimana, budget rata-rata yang harus dipersiapkan untuk membeli PC desain grafis adalah 8 hingga 10 juta. Untuk standar harga ini Anda sudah dapat memiliki PC dengan spesifikasi yang bagus dan dapat bertahan kurang lebih selama 5 tahun.


Tentukan Kegunaan PC Desain Grafis

Seperti yang kita ketahui bahwa desain grafis memiliki berbagai jenis software yang sangat beragam dengan kegunaannya satu sama lainnya berbeda. Seperti ada yang dipakai untuk render video atau ending, ada yang digunakan untuk mendesain atau menggambar saja dan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan sebenarnya Komputer yang akan dipilih untuk bagian pekerjaan desain yang seperti apa? Hal ini bertujuan agar lebih memudahkan Anda saat bekerja sehingga lebih efektif dan efisien.

Contoh, Anda membutuhkan PC untuk kegiatan khusus video baik itu editing ataupun render maka sebaiknya perhatikan processor yang digunakan. Kami recomendasikan khusus video sebaiknya pilih processor core i7 yang dapat memberikan kemampuan jauh lebih cepat. Namun, jika hanya digunakan untuk editing pada CorelDraw atau photoshop maka core i5 sudah cukup.

Laptop VS PC Desktop

Sebagian besar dari Anda pasti pernah merasa bingung, antara ingin membeli laptop atau PC desktop? Hal ini tentu tergantung dari kepribadian masing-masing dalam artian ada orang yang menyukai dengan mendesain di mobile namun ada pula yang suka bekerja di kantor.

Oleh karena itu, Anda harus memahami betul apakah pekerjaan Anda sebagai desain grafis kerap melakukan bepergian atau tidak? Jika Ya, maka yang dibutuhkan Anda adalah laptop, sementara jika Anda lebih sering di kantor maka sebaiknya pilih komputer desktop.

Harga yang ditawarkan pada PC jauh lebih murah dengan hasil spesifikasi PC lebih bagus jika dibandingkan dengan budget yang sama. Meskipun secara teknis sama-sama intel core i7 namun pada kenyataannya jika digunakan di PC dan laptop sudah beda, PC jauh lebih cepat jika dibandingkan laptop jika pemanfaatannya untuk desain grafis.

Ketahui Komponen Utama untuk Desain Grafis 


Komponen penting dari Komputer Grafis yaitu terdiri dari Processor, Memori serta Graphic Card. Jika Anda memilih PC atas dasar tiga komponen tersebut maka performanya jauh lebih bagus. Untuk lebih mudah memahami maka kami akan membahas secara detail dari ketiga komponen utama tersebut.

Processor

Seperti yang kita ketahui bahwa processor yang merajalela dan paling booming yaitu dua merek terkenal dari Intel dan AMD. Bahkan tidak sedikit para desain grafis yang merekomendasikan processor intel jika khusus digunakan untuk mendesain grafis.

BACA JUGA:

  • Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah
  • Cara Menggunakan Laptop yang Baik dan Benar
  • Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah
Adapun kebutuhan desain yang disarankan yaitu Intel Core i7 hal ini karena kecepatan yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga kecepatan kerja Anda juga jauh lebih meningkat.

 Baca juga: Tipe Processor Komputer Terbaik dari Intel dan AMD

Memory

Tidak hanya pemilihan pada prosessornya saja, namun Anda juga harus mempertimbangkan memori yang akan digunakan. Semakin besar ukuran memori yang digunakan maka kinerja atau loading Komputer akan semakin cepat.

 Baca juga: Tips Upgrade RAM Laptop

Oleh karena itu, sebaiknya pilih PC khusus desain grafis yang memiliki kapasitas memori tinggi seperti corsair, vengeance atau yang sudah menggunakan head spreader. Sebaiknya, Anda juga harus menggunakan motherboard yang memiliki slot memori 4 jadi Anda dapat menggunakan memori jauh lebih banyak.

Graphic Card

Karena Anda berkecimpung di dunia desain grafis maka Anda harus menggunakan graphic card agar performa yang dihasilkan jauh lebih maksimal. Adapun beberapa merek graphic card seperti MSI, Gigabyte dan Asus. Pada dasarnya chip yang digunakan mereka tidak NVIDIA, sehingga pastikan Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih tipe Ati radeon dan NVIDIA nya.

Jika Anda memperhatikan spesifikasi komputer desain grafis secara tepat maka akan menghasilkan kualitas desain yang jauh lebih maksimal, kami rasa menggunakan PC berstandar desain grafis yang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan PC pada umumnya bukan suatu masalah mengingat kontribusi yang diberikan oleh PC desain grafis juga jauh lebih optimal.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Generasi Komputer

Pahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa Bagikan : Tweet Komputer yang kita gunakan sekarang telah mengalami berbagai perubahan yang mana perubahan tersebut memang akan selalu lebih baik. Ketika pertama kali diperkenalkan, komputer memiliki banyak sekali kekurangan sehingga seiring berjalannya waktu kekurangan tersebut terus dikurangi dan kelebihannya terus disempurnakan. Perlu kamu pahami bahwa generasi komputer bisa dibagi ke dalam 5 jenis yang akan kami jelaskan berikut ini. 1.     Komputer Generasi I Komputer generasi I mulai diperkenalkan pada 1940 sampai 1956 yang terkenal karena menggunakan vacuum tube. Komputer generasi I ini terkenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Setidaknya ukuran dari komputer generasi I ini sekurang-kurangnya setengah lapangan bola. Komputer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengoperasikannya. Dikarenakan membutuhkan daya listrik yang besar, mengakibatkan komputer ini mudah panas sehingga

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini. Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik. Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai? Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai? Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak. Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebu

TIPS SEO 2019 YANG MUNGKIN SAJA PERLU KAMU BACA

Tip SEO 2019 tidak jauh – jauh dari sebelumnya, kalau kita simpulkan sebenarnya semua pembahsan tentang SEO tertuju pada kepuasan pembaca atau sering kita sebut User Experience. Namun apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, ada beberapa point lainnya yang akan kita coba bicarakan di sini. Selamat menyimak. Seperti biasa, sebelum saya menulis panjang lebar tentang tips SEO 2019, di sini saya bukanlah seorang pakar SEO, jadi apa yang nantinya saya tuliskan bisa jadi berasal dari pemikiran saya. Dan saya hanya berharap tulisan ini dapat memberikan wacana baru temen – temen yang masih setia bermain SEO. Sebagaimana sudah kita ketahui semua, SEO adalah Search Engine Optimization, yaitu upaya yang kita lakukan di dalam website dan juga diluar website yang bertujuan untuk menaikan posisi SERP pada kata kunci tertentu. Di ini tidak akan kita bahas panjang lebar tentang pengertian SEO. Silahkan baca lagi tulisan tentang SEO di blog ini. TIPS SEO 2019 Tahun demi tahun, Google semakin pintar dengan