Skip to main content

Tips Memilih Komputer yang Sesuai dengan Profesi

loading...
Tips Memilih Komputer yang Sesuai dengan Profesi

Komputer saat ini tersedia dengan beberapa jenis yaitu PC, laptop, netbook, sampai server. Beberapa jenis tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan serta faktor kenyamanan Anda.

Hal yang harus diperhatikan bahwa sistem operasi Windows umumnya senilai Rp 700 ribu lebih mahal jika dibandingkan dengan yang non Windows (Linux atau DOS). Jika DOS terlalu primitif maka Linux bisa dikatakan hampir menyerupai Windows.

Apabila Anda hanya browsing internet serta memakai Office, jenis Linux telah cukup. Dan bisa lebih nyaman sebab lebih aman dari serangan virus. Sebenarnya pada aplikasi lain diantaranya video editing maupun aplikasi data base jenis Linux juga bagus walaupun Anda wajib untuk mempelajari bahasa dari pemrograman yang ada.

Apabila Anda lebih condong ke komputer pribadi yang bertenaga, maka pilihlah PC. Dengan bungkus serta tenaga yang cukup besar, Anda juga bisa menggunakan 4 hard disk yang mempunyai ukuran masing-masing 1 TB (Terabyte) bahkan lebih, 2 DVD writer maupun lebih. Banyaknya interface ini bisa memudahkan Anda dalam menyambungkannya ke printer dan scanner.

Tips Memilih Komputer Sesuai Profesi dan Kebutuhan


Pelajar

Profesi ini lebih cenderung pada jenis produk yang memiliki harga murah dan portabel atau mudah untuk dibawa ke mana-mana. Spesifikasi yang cocok digunakan untuk profesi ini adalah layar berukuran 13 inci ke bawah dengan bentuk yang tipis dan juga ringan.

Kebanyakan pelajar akan memilih bentuk notebook yang mana akan ringan untuk dibawa ke sekolah dan pada saat belajar kelompok, sebab pelajar di dalam tasnya juga akan berisi berbagai macam buku pelajaran yang menjadikan berat sebagai faktor dalam memilih bukan pada fitur yang ada.  Berikut adalah spesifikasi yang di rekomendasikan untuk pelajar.
  • Mempunyai RAM dengan kapasitas setidaknya berukuran 2 GB.
  • Kapasitas hard disk 160 GB atau yang lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar kurang dari 13 inci.

Profesional Pebisnis

Para pebisnis tentunya akan sering mengerjakan semua aktivitas bisnis yang berat, sehingga memerlukan jenis spesifikasi tangguh di berbagai sisi. Para profesional bisnis biasanya akan mencari dengan sistem pertahanan maupun keamanan yang lebih optimal guna melindungi data-data penting dari perusahaan. Berikut adalah beberapa spesifikasi komputer yang cocok untuk para pelaku bisnis.
  • Memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB.
  • Menggunakan kapasitas hard disk 250 GB bahkan bisa jadi yang lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar 12 inci hingga 15 inci.
  • Menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 7 Professional atau versi terbaru.

Profesi Fotografer Maupun Videographer

Jenis profesi ini memang memerlukan jenis komputer yang mempunyai processor kuat, lengkap dengan grafis yang bagus serta hard drive yang berjalan cepat. Jika Anda salah satu orang dalam profesi ini maka akan sangat membutuhkan yang memiliki spesifikasi dengan kemampuan video yang mana resolusi bisa berjalan secara maksimal.
Anda bisa memilih yang paling populer di kalangan fotografer dan videographer profesional, terutama pada penggunaan software Final Cut yang nantinya akan digunakan untuk mengedit video, yang mana software ini biasanya hanya tersedia untuk Mac. Pilih yang memiliki layar monitor yang besar berukuran 17 inci atau 15 inci yang memiliki resolusi yang besar.

Akan sangat disarankan untuk memilih komputer yang memiliki RAM dan juga kapasitas yang tinggi. Anda juga bisa melengkapinya dengan USB 3.0, FireWire, eSATA maupun jenis koneksi Thunderbolt yang nantinya bisa digunakan untuk mentransfer data dengan jumlah besar seperti halnya file video maupun foto untuk hard drive eksternal. Berikut adalah spesifikasi yang direkomendasikan.
  • Memiliki kapasitas 8 GB pada RAM.
  • Memiliki Hard disk dengan ukuran 320 GB dan juga yang lebih lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar 15 inci atau yang lebih besar.

Profesi Gamers

Seorang gamer adalah kelompok pengguna yang mempunyai kebutuhan optimal serta terbaik dalam semua hal baik dari spesifikasi, fitur, resolusi bahkan juga RAM jika dibandingkan dengan beberapa kelompok pengguna yang lain.

Biasanya seorang gamer lebih tertarik pada PC jika dibandingkan dengan laptop, sebab dengan kemampuan PC pada hal upgrade lebih fleksibel serta memiliki komponen yang jauh lebih cepat lengkap dengan pendingin yang baik. 

Jika Anda termasuk salah satu jenis profesi ini maka terdapat beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli atau memilih jenis PC yang terbaik. Berikut adalah spesifikasinya.
  • Menggunakan RAM yang berukuran 4 GB hingga 8 GB atau yang lebih besar sekalipun.
  • Memiliki kapasitas Hard disk 320 GB hingga lebih besar.
  • Memiliki layar yang berukuran 17 inci atau lebih besar.
  • Memiliki grafis Card dengan resolusi tinggi.

Beberapa cara di atas dapat Anda gunakan pada saat memilih komputer yang sesuai dengan profesi Anda. Sebab pada dasarnya pemilihan suatu produk akan berbeda antara satu dengan lainnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Generasi Komputer

Pahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa Bagikan : Tweet Komputer yang kita gunakan sekarang telah mengalami berbagai perubahan yang mana perubahan tersebut memang akan selalu lebih baik. Ketika pertama kali diperkenalkan, komputer memiliki banyak sekali kekurangan sehingga seiring berjalannya waktu kekurangan tersebut terus dikurangi dan kelebihannya terus disempurnakan. Perlu kamu pahami bahwa generasi komputer bisa dibagi ke dalam 5 jenis yang akan kami jelaskan berikut ini. 1.     Komputer Generasi I Komputer generasi I mulai diperkenalkan pada 1940 sampai 1956 yang terkenal karena menggunakan vacuum tube. Komputer generasi I ini terkenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Setidaknya ukuran dari komputer generasi I ini sekurang-kurangnya setengah lapangan bola. Komputer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengoperasikannya. Dikarenakan membutuhkan daya listrik yang besar, mengakibatkan komputer ini mudah panas sehingga

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini. Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik. Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai? Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai? Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak. Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebu

TIPS SEO 2019 YANG MUNGKIN SAJA PERLU KAMU BACA

Tip SEO 2019 tidak jauh – jauh dari sebelumnya, kalau kita simpulkan sebenarnya semua pembahsan tentang SEO tertuju pada kepuasan pembaca atau sering kita sebut User Experience. Namun apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, ada beberapa point lainnya yang akan kita coba bicarakan di sini. Selamat menyimak. Seperti biasa, sebelum saya menulis panjang lebar tentang tips SEO 2019, di sini saya bukanlah seorang pakar SEO, jadi apa yang nantinya saya tuliskan bisa jadi berasal dari pemikiran saya. Dan saya hanya berharap tulisan ini dapat memberikan wacana baru temen – temen yang masih setia bermain SEO. Sebagaimana sudah kita ketahui semua, SEO adalah Search Engine Optimization, yaitu upaya yang kita lakukan di dalam website dan juga diluar website yang bertujuan untuk menaikan posisi SERP pada kata kunci tertentu. Di ini tidak akan kita bahas panjang lebar tentang pengertian SEO. Silahkan baca lagi tulisan tentang SEO di blog ini. TIPS SEO 2019 Tahun demi tahun, Google semakin pintar dengan