Skip to main content

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah

loading...

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Salah satu hal yang paling ditakutkan pengguna laptop adalah adanya virus. Adanya virus akan dapat merusak kinerja laptop dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya data-data penting. Karena itulah banyak orang akan mencari tahu cara menghilangkan virus yang benar-benar ampuh.

Salah satu cara mencegah serangan virus adalah dengan berhati-hati ketika mendownload file atau aplikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali situs-situs download aplikasi yang bertebaran di dunia maya. Diantara banyak situs itu mungkin hanya ada beberapa yang benar-benar terpercaya. Apabila Anda benar-benar ingin aman, maka download saja di situs resmi aplikasi yang bersangkutan.

Ketika kita sembarangan mendownload aplikasi di internet, yang ditakutkan adalah aplikasi tersebut sudah di edit atau di utak-atik oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan mengandung virus yang berbahaya.

Sumber virus lainnya adalah warnet. Ini pengalaman pribadi sih, ketika ke warnet, colok flashdisk langsung kelihatan itu virusnya. Mungkin tidak semua warnet sih, masih ada beberapa warnet yang benar-benar merawat komputernya.

Ketika kita ingin mengambil data atau file di warnet, disarankan jangan menggunakan flashdisk. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, ketika flashdisk dicolokkan akan langsung kelihatan bahwa itu komputer ada virusnya. Kemudian flashdisk yang dari warnet tadi dicolokkan lagi ke laptop, maka dapat dipastikan virus tersebut akan berpindah ke laptop.

Flashdisk menjadi salah satu sumber virus, makanya hindari mencolokkan flashdisk sekalipun teman Anda bilangnya aman gak ada virus.

Tau aplikasi keygen atau crack gak? Itu loh yang hobi ngecrak hehe. Aplikasi ini kalau di scan menggunakan antivirus akan terbaca sebagai virus loh. Mulai sekarang kurang-kurangin main crack-crack an ya hehe.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis virus yang sering menyerang laptop:

1. Trojan

Virus Trojan adalah sejenis virus yang dibuat untuk mengendalikan seluruh data-data di laptop dan kemudian data tersebut akan dicuri. Sumber virus ini melalui internet dan email yang diterima oleh pengguna. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat mengakses internet dan membuka email. Virus ini dapat mencuri data atau informasi berharga yang ada di laptop Anda.

Gunakan antivirus Trojan remover dan Trojan hunter untuk mengatasi virus Trojan ini.

2. Worm

Termasuk jenis virus yang tidak begitu berbahaya. Namun, jika dibiarkan virus ini akan membuat penyimpanan data menjadi cepat penuh. Karena Worm dapat menggandakan diri dengan sangat cepat. Jika Anda merasa penyimpanan laptop cepat penuh, maka mungkin penyebabnya karena adanya virus Worm ini.

Untuk mengatasi serangan virus Worm, gunakan antivirus biasa. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal gunakan antivirus pro.

3. Ramnit

Ini adalah virus yang sering kami temui dan bahkan pernah diserang beberapa kali. Sumber Ramnit adalah flashdisk dan jaringan internet. Pernah liat file di bawah ini gak?
  • autorun.inf
  • Copy of Shortcut to (1).lnk
  • Copy of Shortcut to (4).lnk 

Itu salah satu penyebaran virus Ramnit melalui flashdisk dengan membuat file tersebut. Penyebaran Ramnit melalui internet adalah ketika pengguna mengakses file htm atau html dari webserver yang sudah diinjeksi oleh Ramnit.

Virus Ramnit akan menyerang file-file sistem di laptop yang lama-kelamaan dapat merusak sistem operasi.

Kembali ke pokok pembahasan artikel kita yaitu mengenai cara menghilangkan virus di laptop. Bercerita sedikit pengalaman terhadap virus komputer. Sejak 2013 kami selalu menggunakan antivirus untuk menghapus virus yang ada di laptop. Antivirus yang digunakan adalah Avira.

Oleh karena itu, untuk tutorial cara menghilangkan virus kali ini akan menggunakan antivirus Avira. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah Menggunakan Avira


Sebelumnya download terlebih dahulu Avira di laman download Avira. Pilih Avira yang free alias gratis saja. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal gunakan Avira Pro alias berbayar.

Menurut kami Avira yang free saja sudah cukup kok dan hasilnya juga maksimal.

Setelah Avira di download, selanjutnya instal Avira. Setelah berhasil di instal, maka ikuti langkah-langkah berikutnya di bawah ini:


1. Buka antivirus Avira.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

2. Pilih Scan, lalu pilih lagi Full scan, kemudian klik Start scan.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

3. Proses scan sedang berlangsung. Lama proses ini tergantung banyaknya data yang ada di laptop Anda. Semakin banyak data, maka akan semakin lama proses scanning.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

4. Jika proses scan sudah selesai, nanti akan ada keterangan file yang terinfeksi virus. Klik Apply now untuk menghapus file yang terinfeksi virus tersebut.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

5. Klik Close dan virus telah berhasil dihapus dari laptop.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Kelemahan antivirus Avira

  1. Laptop terasa sedikit lemot jika Avira telah terinstal. Jika spek laptop Anda pas-pasan maka bersiaplah untuk merasakan performa laptop yang melambat alias lemot.
  2. Proses scanning data yang sangat lama bisa berjam-jam. Makanya Anda harus bersabar menunggu proses scan ini. Tetapi kami pastikan waktu Anda yang terbuang selama menunggu proses scanning ini akan terbayar oleh hasil yang di dapat, yaitu virus akan benar-benar terhapus.

Hingga saat ini, kami masih menggunakan Avira untuk menghapus virus yang menyerang laptop.

Mungkin Anda ada pengalaman menggunakan antivirus lain, silahkan bagikan pengalamannya di kolom komentar di bawah.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Generasi Komputer

Pahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa Bagikan : Tweet Komputer yang kita gunakan sekarang telah mengalami berbagai perubahan yang mana perubahan tersebut memang akan selalu lebih baik. Ketika pertama kali diperkenalkan, komputer memiliki banyak sekali kekurangan sehingga seiring berjalannya waktu kekurangan tersebut terus dikurangi dan kelebihannya terus disempurnakan. Perlu kamu pahami bahwa generasi komputer bisa dibagi ke dalam 5 jenis yang akan kami jelaskan berikut ini. 1.     Komputer Generasi I Komputer generasi I mulai diperkenalkan pada 1940 sampai 1956 yang terkenal karena menggunakan vacuum tube. Komputer generasi I ini terkenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Setidaknya ukuran dari komputer generasi I ini sekurang-kurangnya setengah lapangan bola. Komputer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengoperasikannya. Dikarenakan membutuhkan daya listrik yang besar, mengakibatkan komputer ini mudah panas sehingga

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini. Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik. Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai? Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai? Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak. Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebu

TIPS SEO 2019 YANG MUNGKIN SAJA PERLU KAMU BACA

Tip SEO 2019 tidak jauh – jauh dari sebelumnya, kalau kita simpulkan sebenarnya semua pembahsan tentang SEO tertuju pada kepuasan pembaca atau sering kita sebut User Experience. Namun apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, ada beberapa point lainnya yang akan kita coba bicarakan di sini. Selamat menyimak. Seperti biasa, sebelum saya menulis panjang lebar tentang tips SEO 2019, di sini saya bukanlah seorang pakar SEO, jadi apa yang nantinya saya tuliskan bisa jadi berasal dari pemikiran saya. Dan saya hanya berharap tulisan ini dapat memberikan wacana baru temen – temen yang masih setia bermain SEO. Sebagaimana sudah kita ketahui semua, SEO adalah Search Engine Optimization, yaitu upaya yang kita lakukan di dalam website dan juga diluar website yang bertujuan untuk menaikan posisi SERP pada kata kunci tertentu. Di ini tidak akan kita bahas panjang lebar tentang pengertian SEO. Silahkan baca lagi tulisan tentang SEO di blog ini. TIPS SEO 2019 Tahun demi tahun, Google semakin pintar dengan