Skip to main content

Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

loading...
Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
Komputer merupakan sebuah alat teknologi yang biasa dimanfaatkan seseorang dalam membantu pekerjaan agar lebih efektif dan efisien. Namun, seiring berkembangnya teknologi keberadaan PC atau laptop juga kerap digunakan untuk gaming.

Bagi Anda yang memanfaatkan keberadaan PC hanya untuk ngegame, sebaiknya perhatikan processor yang akan digunakan. Hal ini karena dapat mempengaruhi kinerja PC saat Anda bermain game.

Processor saat ini telah tersebar luas mulai dari AMD dan Intel sehingga bagi mereka yang ingin membelinya kerap merasa kebingungan.

Akan tetapi, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih processor gaming Anda harus mempertimbangkan fitur, model, kecepatan serta merknya.

Jika Anda berfikir bahwa processor yang mahal adalah yang tepat untuk gaming, sebaiknya hilangkan pikiran itu jauh-jauh. Hal ini karena, tidak sepenuhnya benar yang terpenting adalah dengan mempertimbangkan motherboard. Mengingat, tidak semua processor dapat bekerja dengan seluruh motherboard.

Apa saja yang menjadi pertimbangan saat ingin membeli processor atau CPU untuk gaming? Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming


Merk Processor

Merk processor yang telah beredar dipasaran terdiri dari AMD dan Intel, kedua perusahaan besar ini memang mendominasi pada kelas processor di dunia. Selain itu, kedua merk ini juga mempunyai kualitas processor yang baik dan tidak perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih salah satu dari kedua. Adapun mengenai harga dan jenis processor sangatlah beragam.

Seperti yang kita ketahui bahwa perusaan Intel meluncurkan beberapa jenis processor diantaranya Intel Core i7 dan Intel Core i5. Sementara pesaingnya yaitu AMD meluncurkan Processor Phenom serta FX.

Untuk mempertimbangkan Anda akan memilih merk yang mana maka dapat dipertimbangkan dengan kebutuhan serta budget yang ada. Umumnya harga processor AMD jauh lebih murah jika dibandingkan dengan intel.

Mempertimbangkan Kinerja dari Processor

Meskipun kedua merk tersebut, Intel dan AMD mempunyai kinerja yang bagus akan tetapi kinerja dari processor Intel jauh lebih baik. Jadi Anda dapat memilih processor terbaik untuk Komputer gaming dari Intel Core i5 dan Intel Core i7. Kedua processor ini memang sangat recommended untuk permainan game. Dari kedua tipe processor intel tersebut yang mempunyai kinerja jauh lebih cepat adalah intel core i7. Apabila permainan game ingin terasa lebih asyik maka solusinya pilih intel Core i7 dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan intel Core i5.

Mempertimbangkan Inti Processor (Core)

Kita sering mendengar istilah dual core pada sebuah teknologi, lantas sebenarnya apa maksud dari core ini. Core biasa disebut dengan inti processor, yang dimaksud dengan dual core yaitu processor memilih dua buah inti. Bagi Anda para pemakai Chipset LGA 775 kami sarankan untuk memilih Processor dengan teknologi paling tinggi pada socket yaitu Core 2 Quad yang mempunyai 4 core.

Sementara untuk pengguna LGA 1150 keatas sebaiknya gunakan ore i3 keatas, sementara untuk Pengguna processor Komputer AMD AM3 sebaiknya pilih procie Vishera FX atau phenom.

BACA JUGA:

  • Tips Memilih Komputer yang Sesuai dengan Profesi
  • Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?
  • Cara Menggunakan Laptop yang Baik dan Benar

Perhatikan Overclocking

Setelah Anda mendapatkan gambaran mengenai core yang sebaiknya digunakan, Anda juga harus melihat apakah processor tersebut dapat melakukan overclocking atau tidak. Overclocking merupakan suatu cara dalam meningkatkan kecepatan standar dari suatu processor. Sebagai contoh, kecepatan standar processor pada  Komputer yaitu 3,4 GHz maka dapat ditingkatkan sampai 3.9 GHz. Dengan persyaratan, Anda harus memilih atau memakai pendingin yang berkualitas. Adapun pendingin yang berkualtas dan recommended seperti Core tipe i5-4430, 4 Core Chace total 6Mb, 3.0Ghz mampu melakukan overclock sampai 4.6 Ghz.


Pemilihan Pendingin Processor yang Tepat

Komputer yang kerap digunakan untuk bermain game maka akan sangat mudah panas. Hal ini lantaran, processor pada PC tersebut menghasilkan panas sehingga sangat diperlukan pendingin processor yang tepat. Dengan pemilihan pendingin secara tepat maka dapat membuat processor yang panas menjadi dingin.

Processor yang menghasilkan rasa panas pada PC tentu dapat merusak komponen PC atau laptop Anda, begitu pula dengan processor yang digunakan. Oleh karenanya, Anda harus dapat memilih pendingin processor untuk gaming yang benar-benar berkualitas sehingga tidak memberikan efek overheating.

Pertimbangkan Ukuran Cache pada Processor

Cache yang digunakan pada setiap processor tentu sangatlah beragam, akan tetapi jika tujuan Anda adalah untuk gaming sebaiknya pilih cache yang  besar. sebagai contoh pada processor AMD untuk tipe FX-9590 telah mengusung 16 MB Cache, Intel Core untuk Tipe i5-4690K menggunakan 6 MB Cache, Processor AMD untuk Tipe FX-8320E sudah 8 MB Cache dan tidak tanggung-tanggung processor Intel Core untuk tipe i7-5820K sudah dilengkapi dengan 15 MB Cache.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih processor atau CPU untuk komputer gaming. Pada dasarnya processor yang mempunyai cache 2 MB dengan kecepatan rata-rata 2 GHz sudah cukup bagus untuk melakukan gaming. Namun, untuk mendapatkan kinerja yang lebih tinggi saat bermain game dapat memilih processor terbaik sesuai dengan motherboard yang ada pada PC.

Comments

Popular posts from this blog

Memahami Generasi Komputer

Pahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa Bagikan : Tweet Komputer yang kita gunakan sekarang telah mengalami berbagai perubahan yang mana perubahan tersebut memang akan selalu lebih baik. Ketika pertama kali diperkenalkan, komputer memiliki banyak sekali kekurangan sehingga seiring berjalannya waktu kekurangan tersebut terus dikurangi dan kelebihannya terus disempurnakan. Perlu kamu pahami bahwa generasi komputer bisa dibagi ke dalam 5 jenis yang akan kami jelaskan berikut ini. 1.     Komputer Generasi I Komputer generasi I mulai diperkenalkan pada 1940 sampai 1956 yang terkenal karena menggunakan vacuum tube. Komputer generasi I ini terkenal karena memiliki ukuran yang sangat besar. Setidaknya ukuran dari komputer generasi I ini sekurang-kurangnya setengah lapangan bola. Komputer ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengoperasikannya. Dikarenakan membutuhkan daya listrik yang besar, mengakibatkan komputer ini mudah panas sehingga

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini. Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik. Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai? Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai? Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak. Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebu

TIPS SEO 2019 YANG MUNGKIN SAJA PERLU KAMU BACA

Tip SEO 2019 tidak jauh – jauh dari sebelumnya, kalau kita simpulkan sebenarnya semua pembahsan tentang SEO tertuju pada kepuasan pembaca atau sering kita sebut User Experience. Namun apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, ada beberapa point lainnya yang akan kita coba bicarakan di sini. Selamat menyimak. Seperti biasa, sebelum saya menulis panjang lebar tentang tips SEO 2019, di sini saya bukanlah seorang pakar SEO, jadi apa yang nantinya saya tuliskan bisa jadi berasal dari pemikiran saya. Dan saya hanya berharap tulisan ini dapat memberikan wacana baru temen – temen yang masih setia bermain SEO. Sebagaimana sudah kita ketahui semua, SEO adalah Search Engine Optimization, yaitu upaya yang kita lakukan di dalam website dan juga diluar website yang bertujuan untuk menaikan posisi SERP pada kata kunci tertentu. Di ini tidak akan kita bahas panjang lebar tentang pengertian SEO. Silahkan baca lagi tulisan tentang SEO di blog ini. TIPS SEO 2019 Tahun demi tahun, Google semakin pintar dengan